Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci

Mandayanti, Ditry Wily (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ DITRY WILY MANDAYANTI_18029006_323_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci yang yang belajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dibandingkan yang belajar dengan model pembelajaran Langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci tahun pelajaran 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan didapatkan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Langsung di kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:18
Last Modified: 19 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53399

Actions (login required)

View Item View Item