Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Putri, Aulia Mida (2024) Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AULIA_MIDA_PUTRI_20016062_4546_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, pertama mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Kedua, mendeskripsikan fungsi tindak tutur ilokusi dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Ketiga, mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengindikasi tindak tutur ilokusi yang digunakan tokoh dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik penganalisisan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu identifikasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Pertama, bentuk tindak tutur ilokusi di dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur terdiri atas lima bentuk, yaitu: a) tindak tutur asertif yaitu menyatakan, melaporkan, mengeluh, menuntut, dan mengemukakan pendapat; b) tindak tutur direktif yaitu menasihati, memerintah, meminta, memesan, dan memohon; c) tindak tutur ekspresif yaitu memuji, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf; d) tindak tutur komisif yaitu berjanji, menolak, mengancam, dan menawarkan; e) tindak tutur deklaratif yaitu memberi nama, memutuskan, dan mengizinkan. Kedua, fungsi tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur, yaitu fungsi kompetitif, konvival, kolaboratif, dan konfliktif. Ketiga, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan bagi siswa maupun pendidik untuk materi pembelajaran teks novel pada KD 3.9 dan KD 4.9 dalam menganalisis dan merancang novel dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:44
Last Modified: 19 Aug 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53385

Actions (login required)

View Item View Item