Pemanfaatan Media Sosial YouTube Terhadap Kemampuan Literasi Media Siswa SMK Negeri 3 Padang

Hanafinata, Putri (2022) Pemanfaatan Media Sosial YouTube Terhadap Kemampuan Literasi Media Siswa SMK Negeri 3 Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_PUTRI_HANAFINATA_18026072_1152.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pemanfaatan media sosial YouTube siswa SMK Negeri 3 Padang dan 2) kemampuan literasi media siswa SMK Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Lokasi penelitian ini dilakukan dengan google dari aplikasi atau media sosial. Objek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Padang, kelas XI yang merespon 80 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan membagikan tautan https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeT5PzYWplVp0wWrqzTcvR0ldhrASe661nUqNdHzPgwUoMfQQ/viewform?usp=pp_url kuesioner melalui media whatshApp. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, pemanfaatan media sosial YouTube sangat dirasakan oleh siswa terutama pada saat pandemi, karena siswa menjadikan YouTube sebagai sumber informasi dalam proses belajar. a) jaringan, siswa memanfaatkan gadget dalam mangakses media sosial YouTube sebanyak 43,8%, b) informasi, pemanfaatan fitur komentar pada YouTube untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain sebanyak 47,5%, c) arsip, pemanfaatan media sosial YouTube dalam menelusuri informasi terdahulu sebanyak 60%, d) interaksi, kemampuan mengomentari video sebanyak 45%, e) simulasi sosial, penggunaan akun pribadi untuk melakukan log-in sebanyak 58,8%, f) konten oleh pengguna, kemampuan menyaring konten sesuai dengan umur sebanyak 66,3%, g) penyebaran, kemampuan membagikan kembali informasi kepada pihak lain sebanyak 53,8%. Kedua, kemampuan literasi yang dimiliki oleh siswa sudah merata baik, dengan demikian siswa dapat memilah informasi yang valid dan tidak valid. a) keterampilan teknis, kemampuan dalam mengoperasikan komputer serta memahami internet dan kegunaannya sebanyak 97,5%, b) pemahaman kritis, kemampuan memahami konten dan fungsinya sebanyak 87,3% dan kemampuan literasi sebanyak 53,8%, c) kemampuan komunikatif, kemampuan berkomunikasi dengan pihak lain sebanyak 77,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial YouTube
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:31
Last Modified: 16 Aug 2024 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53375

Actions (login required)

View Item View Item