Pengembangan Media Audio Podcast untuk Pembelajaran Literasi Membaca dan Menyimak Teks Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD

Berty, Dena Midia (2024) Pengembangan Media Audio Podcast untuk Pembelajaran Literasi Membaca dan Menyimak Teks Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_03_DENA_MIDIA_BERTY_20004052_3830.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah guru hanya melakukan pembelajaran dengan metode ceramah dan lebih sering menginstruksi siswa untuk langsung membaca pembelajaran yang ada di buku. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam materi memahami dan menyimak isi dari teks yang ada, terutama pada siswa yang belum bisa membaca pada kelas tinggi yaitu kelas V. Siswa yang tidak bisa membaca ini tidak memahami apa yang disajikan di dalam buku mengakibatkan perbedaan presepsi siswa sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Hal ini yang akan menyebabkan literasi siswa akan semakin menurun. Untuk itu dikembangkan media audio podcast yang dapat membantu pembelajaran literasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media audio podcast untuk pembelajaran literasi membaca dan menyimak teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan hasil validitas praktikalitasnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reserch and Development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan define, desain, development, dan disseminate. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validasi oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji coba praktikalitas dilakukan pada siswa kelas V SD yang berjumlah 22 siswa/I untuk menguji kepraktisan media audio podcast yang dikembangkan. Hasil dari penilaian validator materi memperoleh rata-rata 4,9 dengan kategori “sangat sesuai”. Hasil validasi ahli media dengan validator I memperoleh rata-rata 4,63 dengan kategori “sangat valid” dan hasil validasi oleh validator II memperoleh rata-rata 4,63 dengan kategori “sangat valid”. Media audio podcast ini dikatakan praktis berdasarkan uji pratikalitas dengan rata-rata 4,54. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa media audio podcast untuk pembelajaran literasi membaca dan menyimak teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Podcast, Literasi, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:12
Last Modified: 16 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53371

Actions (login required)

View Item View Item