Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik pada Materi Ekosistem

Wiria, Wika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik pada Materi Ekosistem. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_WIKA_WIRIA_20031037_20031037_3990_2024.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMA Negeri 1 Painan adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik, guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), dan kemampuan kolaborasi peserta didik tergolong rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving berbasis Socio Scientific Issues. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbasis Socio-Scientific Issues terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.E di SMA Negeri 1 Painan. Sampel penelitian yaitu kelas X.E6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E7 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa lembar observasi yang sudah diuji validitas dan reabilitas serta analisis data menggunakan uji independen paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kemampuan kolaborasi 81,28 pada kelas eksperimen dan 73,18 pada kelas kontrol. Hasil hipotesis kemampuan kolaborasi menunjukkan data diterima dengan nilai signifikansi 0,000 maka dinyatakan < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem solving berbasis Socio Scientific Issues berpengaruh positif terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik pada materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kolaborasi, Problem Solving, Socio Scientific Issues
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:11
Last Modified: 16 Aug 2024 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53361

Actions (login required)

View Item View Item