Siregar, Tukmasari
(2015)
Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa pada Materi GLB dan GLBB di Kelas X IPA 3 MAN 2 Padangsidimpuan.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran fisika X IPA 3 MAN 2 Padangsidimpuan masih bersifat Iteacher
centered. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Guru
cenderung menggunakan metode sehingga kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses
pembelajaran.Metode demonstrasi sesekali dilakukan untuk memperkuat penjelasan materi.
Peserta didik hanya mendengar, mencatat, dan mengerjakan latihan. Dominasi guru ini
meyebabkan kurangnya kemampuan peserta didik untuk menggali pengetahuan, menemukan
dan menerapkan ide sendiri sehingga mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep peserta
didik. Hasil pembelajaran menitikberatkan pada penguasaan produk pengetahuan sehingga
kemampuan psikomotorik dan afektif peserta didik terabaikan.
Penelitian ini meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan Model Inkuiri dengan siswa
hanya 10 orang yang tuntas diatas KKM 75 da 15 orang di bawah KKM 75 untuk indikator
pokok bahasan pertama, untuk indikator pokok bahasan kedua dari 25 siswa 12 orang yang
tuntas 13 orang yang tidak tuntas, dan indikator ketiga 8 orang yang tuntas dan 17 orang yang
tidak tuntas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Lokasi penelitian adalan
MAN 2 Padangsidimpuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 3 dengan
jumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2012/2013. Penelitian
dilakukan sebnayak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar
observasi dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis
dekskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil peserta didik. HASIL
kognitif peserta didik meningkat dari nilai rata-rata 65,04 pada siklus I,peserta didik sebelum
penelitian nilainya KKM 75 tetapi setelah siklus III nilai sudah melewati KKM. Kompetensi
afektif peserta didik meningkat dari 48 pada siklus I, 64 pada siklus II sedangkan pada siklus
III sudah 86,6 sudah termasuk kategori amat baik. Kompetensi psikomotori meningkat dari
nilai rata-rata 66.4 siklus I,73,6 siklus II dan 93,8 pada siklus III.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berkelompok dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada amata pelajaran Fisika.
Actions (login required)
|
View Item |