Pengaruh Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian di SMPN 29 Padang

Efi.T, Debby Tria Oktanesa (2023) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian di SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_DEBBY_TRIA_OKTANESA EFI_T_19231013_772_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti pada peserta didik kelas VII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2021/2022. Diketahui masih banyak peserta didik yang dalam proses pembelajaran peserta didik kurang aktif dan saling bekerjasama. Hasil belajar peserta didik tergolong rendah dengan rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80. Peneliti melihat guru menerapkan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi Suhu, kalor dan pemuaian. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 29 Padang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII.6 dan 32 siswa kelas VII.7. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes berupa tes objektif sebanyak 30 soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji parametrik yaitu uji t untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dimana t_hitung>t_tabel yaitu 7,2 > 1,67 maka H_aditerima dan H_0ditolak. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar materi suhu, kalor dan pemuaian di kelas VII pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZahra, Firda AzUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR, KURIKULUM MERDEKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:50
Last Modified: 15 Aug 2024 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53350

Actions (login required)

View Item View Item