Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Padang

Safwan, Zahra Amaliyya (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ZAHRA_AMALIYYA_SAFWAN_19029060_3914_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai peserta didik. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XII MIPA SMAN 8 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada model pembelajaran Langsung pada kelas XII MIPA SMAN 8 Padang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Posttest Only Control Group Design, dimana pemilihan untuk kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak. Berdasarkan hasil pengundian, terambil kelas XII MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pembuktian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai P-Value 0,004. P-Value <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Think Talk Write, Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:49
Last Modified: 15 Aug 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53347

Actions (login required)

View Item View Item