Aulia, Desi
(2024)
Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan
Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Bahan ajar memiliki peran penting sebagai media utama dalam proses
pembelajaran. Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di
sekolah dasar masih terbatas dalam bentuk bahan ajar cetak. Hal ini menyebabkan
pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak interaktif. Kemampuan siswa
dalam memahami informasi yang disampaikan oleh guru secara lisan maupun
tulisan juga belum optimal, sehingga kemampuan literasi siswa menjadi rendah.
Oleh sebab itu, perlu dikembangkan suatu produk bahan ajar dalam bentuk digital
berupa e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk ebook
interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan
literasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE
yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di tiga sekolah yaitu di
SDN 31 Payakumbuh, SDN 42 Payakumbuh, dan SDN 52 Payakumbuh. Subjek
penelitian adalah siswa dan guru kelas V dari ketiga sekolah tersebut. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara,
penyebaran angket dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validasi produk e-book
interaktif dari aspek media, materi, dan bahasa adalah 87% dengan kategori sangat
valid. Hasil uji praktikalitas produk dari angket respon siswa sebesar 97% dan dari
angket respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya,
hasil uji efektivitas produk melalui uji T diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,005 yang
berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan literasi siswa antara kelompok
kontrol dengan kelompok eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa produk e-book interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis,
dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |