Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X

Septiviana, Ega (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_EGA_SEPTIVIANA_21174004_1745_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan khususnya sekolah tidak bisa dilepaskan dengan pembelajaran. Acuan dalam melaksanakan pembelajaran adalah kurikulum. Tahun Ajaran 2022/2023 Pemerintah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaranya. TP VI pada kurikulum ini adalah siswa terampil dalam menulis teks anekdot. Keterampilan menulis teks anekdot, merupakan keterampilan yang gampang-gampang susah untuk diaplikasikan karena teks ini adalah teks yang berisi kritikan namun disampaikan dengan candaan. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajarannya. Mengingat penelitian ini dalah penelitian ekperimen, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan perbedaan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran konvensional; (2) menjelaskan perbedaan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dan konvensional; (3) menjelaskan perbedaan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dan konvensional; (4) menjelaskan interaksi antara model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampelnya yaitu X.B untuk kelas eksperimen dan X.A untuk kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan dua jenis instrument yaitu lembaran angket dan tes unjuk kerja. Setelah dilakukan penelitian maka, peneliti menemukan bahwa model pembelajaran project based learning mempengaruhi keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Pengaruhnya terlihat pada (1) hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning lebih tinggi daripada konvensiona; (2) keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran project based learning lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (3) keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran project based learning lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (4) tidak adanya interaksi atau pengaruh antara model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar dalam keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorAtamazaki, AtamazakiUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:50
Last Modified: 13 Aug 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53303

Actions (login required)

View Item View Item