Hervi, Fauziah
(2024)
Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Kontekstual
Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Adabiah 2 Padang.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Literasi sains merupakan salah satu standar dalam mutu pendidikan.
Peserta didik yang berliterasi sains mampu menggunakan pengetahuan ilmiah,
mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan. Peserta didik juga harus
mampu memahami dan menghasilkan keputusan terkait perubahan alam dan
akibat aktivitas manusia. Organisation for Economic Co-operation and
Development (OECD) menyebutkan bahwa capaian literasi sains peserta didik
rendah dari semua aspek. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian
mengenai pengaruh pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains
terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran biologi di
SMA Adabiah 2 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains terhadap kemampuan
literasi sains peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA
Adabiah 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain
penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian
adalah seluruh peserta didik kelas X fase E SMA Adabiah 2 Padang tahun ajaran
2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,
sehingga terpilih kelas X.E.1 (kelas eksperimen) dan kelas X.E.3 (kelas kontrol).
Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kolaboratif kontekstual
berbasis etnosains dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung (direct
learning). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal literasi sains yang
berjumlah 25 soal yang mencakup tiga aspek literasi sains yaitu konteks, konten
dan proses sains. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang terlebih dahulu
dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Hasil uji normalitas dan homogenitas yang diperoleh dari data kedua kelas
sudah berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,037, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan
literasi sains peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian
membuktikan bahwa pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains
berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA
Adabiah 2 Padang pada aspek konteks, konten, dan proses sains.
Actions (login required)
|
View Item |