Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Kontekstual Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Adabiah 2 Padang

Hervi, Fauziah (2024) Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Kontekstual Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Adabiah 2 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FAUZIAH_HERVI_22177003_1910_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu standar dalam mutu pendidikan. Peserta didik yang berliterasi sains mampu menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan. Peserta didik juga harus mampu memahami dan menghasilkan keputusan terkait perubahan alam dan akibat aktivitas manusia. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyebutkan bahwa capaian literasi sains peserta didik rendah dari semua aspek. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran biologi di SMA Adabiah 2 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X fase E SMA Adabiah 2 Padang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas X.E.1 (kelas eksperimen) dan kelas X.E.3 (kelas kontrol). Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung (direct learning). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal literasi sains yang berjumlah 25 soal yang mencakup tiga aspek literasi sains yaitu konteks, konten dan proses sains. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas yang diperoleh dari data kedua kelas sudah berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,037, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran kolaboratif kontekstual berbasis etnosains berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Adabiah 2 Padang pada aspek konteks, konten, dan proses sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:50
Last Modified: 13 Aug 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53301

Actions (login required)

View Item View Item