Analisis Pemahaman Kimia dan Keterampilan Proses Kurikulum Merdeka pada Materi Asam-Basa Fase F SMA/MA

Wulan, Wulan (2024) Analisis Pemahaman Kimia dan Keterampilan Proses Kurikulum Merdeka pada Materi Asam-Basa Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_WULAN_19035169_3733_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Capaian pembelajaran adalah suatu tujuan pendidikan. Capaian pembelajaran memuat kompetensi kunci yang belum belum tersusun secara sistematis. Capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka tercantum dalam BSKAP Nomor 033 Tahun 2022, terdapat 3 bagian naskah CP, antara lain CP kimia secara umum, CP per-fase, CP per-elemen tiap fase, dimana terdiri dari elemen pemahaman kimia dan keterampilan proses. Pada CP kimia tidak tercantumkan semua materi yang akan dipelajari karena ada materi-materi yang tersamarkan terdapat pada standar isi. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terkait capaian pembelajaran kimia. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu, (1)Menyajikan analisis capaian pembelajaran pada elemen pemahaman kimia dan keterampilan proses mata pelajaran kimia Fase F SMA/MA, (2)Menyajikan penurunan CP menjadi TP mata pelajaran kimia Fase F SMA/MA, (3)Menyajikan kebenaran hierarki materi pada topik Asam-Basa ditinjau dari segi keluasan dan kedalaman materinya. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Serta instrumen yang digunakan berupa tabel analisis struktur konten. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)Rumusan capaian pembelajaran kimia menjadi komprehensif jika CP kimia secara keseluruhan, CP per fase, dan CP per elemen dikombinasikan dengan Standar Isi, (2)Perumusan CP mata pelajaran kimia menjadi TP direkomendasikan menggunakan alternatif 3 yaitu lintas elemen CP, (3)Hirarki materi asam basa dianalisis berdasarkan keluasan dari CP dan standar isi, kedalaman dari buku textbook standar, dan dibatasi oleh buku IPA Kemendikbud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, PEMAHAMAN KIMIA, KETERAMPILAN PROSES, ASAM BASA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:26
Last Modified: 12 Aug 2024 09:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53291

Actions (login required)

View Item View Item