Pengaruh Kepribadian Agreeableness dan Conscientiousness terhadap Academic Dishonesty (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Padang).

Fahdri, Aldian (2023) Pengaruh Kepribadian Agreeableness dan Conscientiousness terhadap Academic Dishonesty (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_ALDIAN_FAHDRI_18043024_1974_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketidakjujuran akademik masih sering terjadi di kalangan akademisi dan banyak dilakukan oleh mahasiswa dan ini menjadi perhatian utama. Riset akuntansi perlu memperhatikan fenomena ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh agreeableness dan conscientiousness terhadap academic dishosnesty. Terdapat dua indikator big five personality yang mempengaruhi academic dishonesty, yaitu agreeableness dan conscientiousness. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 akuntansi pada Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, dan Universitas Bung Hatta dan Universitas Putra Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linear berganda dengan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian agreeableness dan conscientiousness berpengaruh negatif terhadap academic dishonesty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
CorrectorDwita, SanyUNSPECIFIED
CorrectorSherly, VanicaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPRIBADIAN, CONSCIENTIOUSNESS, ACADEMIC DISHONESTY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:25
Last Modified: 12 Aug 2024 09:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53286

Actions (login required)

View Item View Item