Pengembangan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak Fase F di SMA Negeri 15 Padang

Putri, Wiandi Melati (2024) Pengembangan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak Fase F di SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_WIANDI_MELATI_PUTRI_19035058_3374_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan sebuah kurikulum pendidikan yang dalam pelaksanaannya mencakup kegiatan intrakulikuler yang bervariasi (beragam) serta terdiri dari konten yang lebih dikembangkan dengan optimal. Kurikulum merdeka menuntut peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari materi kesetimbangan kimia yang masih belum maksimal, sehingga dibutuhkan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak Fase F Di SMA Negeri 15 Padang. LKPD ini menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari pada materi kesetimbangan reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi kesetimbangan kimia untuk sekolah penggerak fase F di SMAN 15 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan educational design research (EDR) dengan menggunakan model pengembangan plomp yang memiliki tiga tahapan, yaitu preleminary research atau investigasi awal, development of prototyping phase atau pembuatan dan pengembangan prototipe dan assessment phase atau tahap penilaian/uji coba. Penelitian ini dilakukan hingga tahap hasil validitas dan praktikalitas dari LKPD. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi dan praktikalitas. LKPD ini diuji validitas oleh lima orang validator, diantaranya tiga dosen departemen kimia FMIPA UNP dan dua guru kimia SMAN 15 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua guru kimia SMAN 15 Padang dan sembilan peserta didik fase F SMAN 15 Padang. Data validasi yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s V sedangkan data praktikalitas dianalisis menggunakan perbandingan nilai respon peserta didik dan guru dengan nilai maksimal yang diperoleh. Berdasarkan angket validasi yang sudah dianalisis dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai V sebesar 0,88 dengan kategori valid. Sedangkan praktikalitas guru dan peserta didik diperoleh nilai NP berturut-turut sebesar 92% dan 90% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian dari LKPD berbasis problem based learning pada materi kesetimbangan kimia untuk sekolah penngerak fase F di SMAN 15 Padang telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KESETIMBANGAN KIMIA, PROBLEM BASEDLEARNING, SEKOLAH PENGGERAK FASE F
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:25
Last Modified: 12 Aug 2024 09:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53282

Actions (login required)

View Item View Item