Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase E SMAN 1 Banuhampu

Adella, Tisya (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase E SMAN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_TISYA_ADELLA_20031176_3554_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dituntut untuk dapat membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik terutama pada studi sains yaitu biologi. Permasalahan yang ada di SMAN 1 Banuhampu adalah kegiatan pembelajaran berbasis student centered yang belum optimal dilakukan, guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan materi bioteknologi yang kompleks dan sulit dipahami. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah model Think Pair Share dengan pendekatan Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Fase E SMAN 1 Banuhampu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group designed. Populasi penelitian yaitu 4 kelas peserta didik Fase E di SMAN 1 Banuhampu, yang terdiri dari Fase E1, E5, E7 dan E8.. Sampel penelitian adalah peserta didik Fase E7 sebagai kelas eksperimen dan Fase E5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest dalam bentuk esai. Perlakuan pada kelas eksperimen adalah penerapan model Think Pair Share dengan pendekatan Problem Solving sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen (67.65) dan kelas kontrol (61.8). Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Problem Solving berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Fase E SMAN 1 Banuhampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorFadillah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: THINK PAIR SHARE, BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:24
Last Modified: 12 Aug 2024 09:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53277

Actions (login required)

View Item View Item