Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar

Wardani, Lara Sati Sari Budi (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_LARA_SATI_SARI_BUDI_WARDANI_17016149_370.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang sering muncul di dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar, (3) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang jarang muncul di dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar, dan (4) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang tidak terdapat dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai pendidikan karakter yang dikaji di dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar ditemukan. Pertama, cerpen-cerpen yang terdapat di dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar mengandung delapan belas nilai pendidikan karakter, yaitu nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif demokratis, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kedua, nilai pendidikan karakter yang sering muncul adalah nilai pendidikan karakter religius. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter yang jarang muncul adalah nilai pendidikan karakter peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, terdapat delapan belas niali-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar dengan jumlah frekuensi data sebanyak 155 data. Kedua, nilai pendidikan karakter yang sering muncul adalah nilai pendidikan karakter religius dengan 27 data. Ketiga, nilai pendidikan karakter jarang muncul adalah nilai pendidikan karakter peduli lingkungan dengan jumlah sebanyak 2 data. Keempat, tidak ada nilai pendidikan karakter yang tidak terdapat dalam kumpulan cerpen Si Padang karya Harris Effendi Thahar. Kemudian hasil penelitian ini dapat diaplikasikan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX semestser ganjil pada materi pembelajaran teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:39
Last Modified: 09 Aug 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53269

Actions (login required)

View Item View Item