Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Crossword Puzzle terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMPN 34 Padang

Putri, Adhilla Prima (2023) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Crossword Puzzle terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_ADHILLA_PRIMA_PUTRI_19231001_821_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah), yaitu guru membacakan atau memberikan materi yang telah disiapkannya sedangkan peserta didik mendengarkan, mencatat dan mencoba menyelesaikan soal seperti yang digambarkan oleh guru sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih rendah. Proses pembelajaran yang tidak ada interaksi antara guru dan peserta didik menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya perubahan pembelajaran yang semula berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif siswa di SMPN 34 Padang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi exsperimental Research). Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 9 kelas. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini hasil belajar peserta didik yang diteliti difokuskan pada kemampuan kognitif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji Independent-Samples Mann-Whitney U Test diperoleh nilai sig sebesar 0,010 < 0,05 yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif siswa di SMPN 34 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZahra, Firda AzUNSPECIFIED
CorrectorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Rahma EvitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: THINK PAIR SHARE, CROSSWORD PUZZLE, KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:05
Last Modified: 09 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53256

Actions (login required)

View Item View Item