Pengaruh Penugasan Mind Map pada Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase E SMAN 1 Pariangan pada Materi Virus

Elviana, Ratu (2024) Pengaruh Penugasan Mind Map pada Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase E SMAN 1 Pariangan pada Materi Virus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RATU_ELVIANA_20031098_3215_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) selama ini belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E di SMAN 1 Pariangan. Mengintegrasikan mind map pada model Problem Based Learning merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan bekal peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penugasan mind map pada model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E SMAN 1 Pariangan pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik fase E SMAN 1 pariangan. Sampel pada penelitian ini adalah X.E.1 sebagai kelas eksperimen dan X.E.3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal pretest-posttest dalam bentuk esai yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian diperoleh data nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Adapun rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,00) dan kelas kontrol (76,00), rata-rata nilai pretest kelas eksperimen (56,15) dan kelas kontrol (55,67). Uji paired sample t-test mendapatkan hasil nilai sig. <0,050 yaitu sebesar 0,000, sehingga disimpulkan bahwa penugasan mind map pada model PBL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E SMAN 1 Pariangan pada materi virus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MIND MAP PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:05
Last Modified: 09 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53255

Actions (login required)

View Item View Item