Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau

Hanifa, Isra (2022) Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ISRA_HANIFA_17023171_1958.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar menggunakan multimedia interaktif dengan media konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Sampel dari penelitian ini yaitu terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII 3A) dan kelas kontrol (VIII 2B) ditentukan dengan cara representative (mewakili). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes ( soal objektif ). Sebelum data di analisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan hasil uji normalitas berdistribusi normal (kelas eksperimen > (0,227>0,117), kelas kontrol > (0,227>0,031)), dan uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen (Fhitung 1,05 ≤ Ftabel, 2,57). Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar seni budaya siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau dengan nilai thitung > ttabel (1,86>1,67). Dengan kata lain penggunaan multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar seni budaya siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Demikian juga hal ini dapat dibuktikan dengan perbedaan hasil nilai rata-rata siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau menggunakan multimedia interaktif dengan media konvensional dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,43 dan kelas kontrol 74,64. Untuk itu agar hasil belajar seni budaya lebih baik, maka penggunaan multimedia interaktif harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Seni Tari - Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:05
Last Modified: 09 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53254

Actions (login required)

View Item View Item