Pengembangan Media Video Drama pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 7 Padang

Siregar, Soleh Pangidoan (2022) Pengembangan Media Video Drama pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Soleh_Pangidoan_Siregar_18046039_683_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah membosankan karena materinya yang banyak dan diulang- ulang. Media yang digunakan oleh pendidik di SMAN 7 Padang tidak mampu membuat pembelajaran sejarah yang membosankan menjadi menyenangkan. Dari segi keberfungsian, media yang digunakan pendidik kurang mempunyai manfaat dalam pembelajaran, media hanya pelengkap bukan sebagai perantara pendidik untuk memperjelas materi pembelajaran. Media yang digunakan tidak mampu untuk membantu pendidik untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu dalam proses pembelajaran. Akibatnya peserta didik tidak mau mengikuti proses pembelajaran dengan baik yang berdampak pada hasil belajar yang buruk. Berdasarkan permasalahan diatas Peneliti dalam penelitian ini mengembangkan media pembelajaran video drama. Adapun tujuan dari pada penelitian pengembangan media video drama ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan, (1) Tahapan dalam pengembangan media video drama (2) Menguji dan mendeskripsikan hasil validitas dari media video drama, (3) Menguji dan mendeskripsikan hasil uji kepraktisan dari media video drama dalam. Metode dalam penelitian ini adalah R&D (Riset & Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil penelitian ini yang pertama adalah menjelaskan dan mendeskripsikan tahapan dalam pengembagan yakni: (1) hasil tahap analisis, peserta didik maupun pendidik membutuhkan media yang mampu untuk membuat pembelajaran menjadi interaktif dan mengefektifkan/mengefisienkan waktu dalam pembelajaran. (2) tahapan desain: menentukan materi, mengumpulkan bahan, membuat ringkasan materi, membuat storyline dan naskah drama, melakukan drama, merekam, dan mengedit video drama. (3) tahapan pengembangan, media video drama valid untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah berdasarkan penilaian ahli materi dan media. (4) tahapan implementasi, video drama sangat praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah berdasarkan penilaian dari peserta didik dan pendidik. (5) Tahap evaluasi, tahapan terakhir dalam model ADDIE. Kedua, hasil analisis uji validitas media video drama dengan menggunakan rumus skala Likert didapati bahwa nilai rata-rata media video drama dari Ahli Materi adalah 3.58, sementara untuk ahli Media adalah 3.38. Jika merujuk pada kriteria kevalidan maka nilai tersebut membuat media video drama sangat valid digunakan dalam pembelajaran. Ketiga, hasil dari uji kepraktisan media video drama kepada pendidik dan peserta didik di SMAN 7 Padang, didapati bahwa nilai rata rata dari pendidik adalah 3.30 dan dari peserta didik 3.50. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video drama sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:18
Last Modified: 08 Aug 2024 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53246

Actions (login required)

View Item View Item