Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Padang

Putri, Sarah Deriani (2024) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SARAH_DERIANI_PUTRI_19029165_2660_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting dan harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep matematis juga merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP Negeri 10 Padang masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebab dari permasalahan tersebut adalah karena peserta didik yang belum terlibat aktif dalam menemukan konsep matematika serta proses pembelajaran yang terjadi masih berorientasi pada pendidik (Teacher Oriented). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan cara menerapkan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran. Dengan menerapkan model Discovery Learning dapat membuat peserta didik berpartisipasi aktif dalam pelajaran dan bukan hanya menerima materi pelajaran secara pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas IX SMPN 10 Padang serta untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 10 Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik IX SMP Negeri 10 Padang dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas IX.8 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IX.7 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan berupa kuis dan tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 10 Padang selama diterapkan model Discovery Learning mengalami peningkatan pada setiap indikator, dan berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir diperoleh Pvalue yaitu 0,013 yang berarti P-value < 0,05 maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa serta kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung di kelas IX SMPN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorArnellis, ArnellisUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:17
Last Modified: 08 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53240

Actions (login required)

View Item View Item