Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA

Nurhaliza, Nurhaliza (2024) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NURALIZA_19033175_1228_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemecahan masalah siswa di Indonesia merupakan sesuatu yang mesti diperhatikan khususnya bagi dunia pendidikan. Pada saat ini diperlukan bahan ajar yang mampu meningkatkan pemahaman dan mengembangkan pemecahan masalah siswa. Salah satunya ialah modul yang berbasis problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari modul fisika berbasis problem based learning pada materi alat optik dan pemanasan global. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development yang menggunakan model desain ADDIE. Tahapan penelitian terdiri dari tahapan analisis (analyze), tahapan perencanaan (design), tahapan pengembangan (development), tahapan implementasi (implementation), dan tahapan evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini, pengembangan produk menggunakan model ADDIE dibatasi sampai tahap implementasi (implementation),. Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa modul fisika berbasis problem based learning pada materi alat optik dan pemanasan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan nilai rata-rata validasi modul sebesar 91% dengan kategori sangat valid, nilai rata-rata praktikalitas guru sebesar 96% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata praktikalitas peserta didik sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan nilai yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis problem based learning valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi alat optik dan pemanasan global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:02
Last Modified: 13 Aug 2024 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53236

Actions (login required)

View Item View Item