Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Pyo, Debi Ade (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DEBI_ADE_PYO_19029014_2255_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan kognitif fundamental dan tujuan utama dalam pembelajaran matematika yang harus dilatih dan dikembangkan pada peserta didik. Namun, fakta yang ditemukan di lapangan menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Dalam menyikapi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Padang yang belajar menggunakan model PBL lebih baik dibandingkan dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yaitu Quasi Experiment melalui rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis melalui

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:21
Last Modified: 07 Aug 2024 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53234

Actions (login required)

View Item View Item