Pengaruh Pengungkapan Digitalisasi terhadap Kualitas Informasi Akuntansi

Pratama, Aditya Harry (2023) Pengaruh Pengungkapan Digitalisasi terhadap Kualitas Informasi Akuntansi. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_ADITYA_HARRY_PRATAMA_19043071_2678_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengungkapan digitalisasi mempengaruhi kualitas informasi akuntansi. Kualitas informasi akuntansi merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan karena akan berdampak pada pihak internal dan eksternal. Namun di Indonesia hal ini masih menjadi permasalahan, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengurangi permasalahan tersebut dengan menjadikan digitalisasi sebagai variabel yang dapat mempengaruhi kualitas informasi akuntansi. Digitalisasi dapat meningkatkan transparansi dan akurasi melalui otomatisasi dalam proses pelaporan keuangan sehingga dapat menunjang kualitas pelaporan keuangan. Hipotesis penelitian ini ditolak karena pengukuran digitalisasi yang digunakan dalam penelitian ini diukur melalui pengungkapan sukarela yang dilakukan perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan, dimana dalam hal initidak semua perusahaan yang menerapkan digitalisasi mengungkapkan upaya digitalisasinya. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan minuman, tekstil, dan kimia yang fokus pada ketiga sektor tersebut karena sejalan dengan inisiatif pembangunan yang disebut “Making Indonesia 4.0”. Penelitian mengenai topic ini masih dalam tahap eksplorasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi pada perusahaan belum maksimal. Namun penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap akrual diskresionerabsolut yang menggambarkan perilaku manajemen laba akrual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwita, SanyUNSPECIFIED
CorrectorSari, Vita FatriaUNSPECIFIED
CorrectorNelvirita, NelviritaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DIGITALISASI, KUALITAS INFORMASI, INFORMASI AKUNTANSI
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:02
Last Modified: 08 Aug 2024 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53233

Actions (login required)

View Item View Item