Pemanfaatan Internet Sebagai Media Penyebar Informasi dan Komunikasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Sari, Intan Purnama (2022) Pemanfaatan Internet Sebagai Media Penyebar Informasi dan Komunikasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_INTAN_PURNAMA_SARI_18026034_896.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini membahas tentang pemanfaatan internet sebagai media penyebar informasi dan komunikasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan dari makalah ini untuk mengetahui sebesar apa pemustaka dalam memanfaatkan internet di sebagai media penyebar informasi dan komunikasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah pemustaka atau pengunjung di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat sebanyak 84 orang dengan menggunakan teknik Incidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner (angket) kepada pemustaka yang datang berkunjung ke perpustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh menjadi 10 pernyataan yang kemudian dijabarkan menjadi 4 indikator yaitu internet sebagai sumber informasi, internet sebagai media komunikasi, internet sebagai media pertukaran data, internet sebagai media hiburan. Indikator internet sebagai sumber informasi dengan skor 2,91, berdasarkan dari skor tersebut pemustaka menggunakan fasilitas internet sebagai sumber informasi dengan baik. Indikator internet sebagai media komunikasi dengan skor 2,55, berdasarkan dari skor tersebut pemustaka menggunakan fasilitas internet sebagai media komunikasi dengan baik. Indikator internet sebagai media pertukaran data dengan skor 2,77, berdasarkan dari skor tersebut pemustaka menggunakan fasilitas internet sebagai media pertukaran data dengan baik. Indikator internet sebagai media hiburan dengan skor 2,37, berdasarkan dari skor tersebut pemustaka menggunakan fasilitas internet sebagai media hiburan dengan baik. Hasil ini jika dikategorikan secara keseluruhan adalah pemustaka belum tepat dalam memanfaatkan fasilitas internet dengan maksimal, akan tetapi dilihat dari hasil responden indikator internet sebagai sumber informasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat yang sudah digunakan oleh pemustaka dengan semestinya, yaitu sebagai sarana penunjang informasi dan perpustakaan adalah sebagai wadah informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internet - Media Informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:21
Last Modified: 07 Aug 2024 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53231

Actions (login required)

View Item View Item