Ramadani, Eka
(2022)
Tindak Tutur Direktif Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI MAN 1 Padang Panjang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ada dua. Pertama,mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas XI MAN 1 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas XI MAN 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAN 1 Padang Panjang. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas XI MAN 1 Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam, dan catat.Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu ketekunan dan uraian rinci (Thick Description).Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, mentranskip tindak tutur direktif guru dalam proses belajar mengajar di kelas yang telah direkam berupa data lisan. Kedua, menginventariskan tindak tutur direktif apa saja yang digunakan guru saat proses belajar mengajar berlangsung. Ketiga, mengklasifikasi data berdasarkan tindak tutur, strategi bertutur. Keempat, melakukan penganalisisan terhadap data yang didapat. Kelima, melakukan penyimpulan terhadap data berdasarkan hasil penganalisisan data.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAN 1 Padang Panjang ada lima, (1) tindak tutur direktif memohon, (2) tindak tutur direktif menyuruh, (3) tindak tutur direktif menyarankan, (4) tindak tutur direktifmenuntut, dan (5) tindak tutur direktif menantang. Kedua, strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAN 1 Padang Panjang ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samar-samar.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAN 1 Padang Panjang, dan juga terdapat empat strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAN 1 Padang Panjang.
Actions (login required)
|
View Item |