Setiawan, Edo
(2022)
Kemampuan Mengidentifikasi Penulisan Goi yang Mengandung Chouon pada Siswa SMA Negeri 1 Kinali.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mengidentifikasi chouon (vokal panjang) yang terdapat pada goi (kosakata). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi goi yang mengandung chouon pada siswa kelas X SMA N 1 Kinali tahun ajaran 2020/2021 secara lebih rinci sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kinali pada bulan Juli 2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Kinali tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BB SMA N 1 Kinali yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sample. Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan mengidentifikasi goi yang mengandung chouon. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan mengidentifikasi goi yang mengandung chouon ii, uu, ei dan ou memiliki nilai yang beragam. kemampuan chouon siswa yang tertinggi yaitu pada chouon uu dengan rata-rata 64 dan yang terendah ialah pada chouon ei dengan nilai rata-rata 49, secara keseluruhan kemampuan siswa memiliki rata-rata 56 masih berada pada kualifikasi kurang.
Actions (login required)
|
View Item |