Klasifikasi Status Gizi Pada Balita Menggunakan Algoritma Rough Set Berdasarkan Indeks Berat Badan Menurut Umur di Kampung Tanjung Kelurahan Kuranji

Aisyah, Aisyah (2024) Klasifikasi Status Gizi Pada Balita Menggunakan Algoritma Rough Set Berdasarkan Indeks Berat Badan Menurut Umur di Kampung Tanjung Kelurahan Kuranji. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AISYAH_20030002_2870_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesehatan dan gizi balita merupakan aspek penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan balita. Pemantauan perkembangan fisik anak dapat dilakukan dengan menggunakan pengukuran antropometri berat badan menurut umur. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh aturan keputusan yang digunakan untuk mengklasifikasikan status gizi balita di Kampung Tanjung Kelurahan Kuranji ke dalam kelompok-kelompok status gizi berat dengan menggunakan algoritma rough set dan menentukan keakuratan hasil klasifikasi dari aturan keputusan yang diperoleh. Penelitian ini adalah penelitian terapan yang diawali dengan mengunjungi objek penelitian kemudian menentukan sampel dan mengambil data penelitian dengan cara wawancara kepada narasumber di Kampung Tanjung Kelurahan Kuranji. Atribut yang digunakan adalah riwayat pemberian ASI ekslusif, riwayat penyakit 1 bulan terakhir, tingkat pendidikan terakhir ibu, pendapatan orang tua dan status gizi balita. Dalam pengklasifikasian status gizi balita di Kampung Tanjung Kelurahan Kuranji, untuk memperoleh aturan keputusan terlebih dahulu dilakukan analisis deskriptif terhadap data penelitian, membagi data penelitian menjadi data training dan data testing, membentuk tabel keputusan, mencari relasi indiscernibility, membentuk matriks discernibility, mencari fungsi discernibility dan membuat aturan keputusan. Setelah itu, ditentukan keakuratan hasil klasifikasi dari aturan keputusan dengan cara menentukan ukuran kualitas dan menghitng nilai akurasi tingkat keakuratan klasifikasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan algoritma rough set diperoleh 21 aturan keputusan yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan status gizi balita di Kampung Tanjung Kelurahan Kuranji. Tingkat keakuratan hasil klasifikasi dari aturan keputusan yang diperoleh adalah sebesar 86,6% yang terklasifikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosha, MediaUNSPECIFIED
CorrectorSriningsih, RiryUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KLASIFIKASI STATUS GIZI PADA BALITA
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:50
Last Modified: 06 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53198

Actions (login required)

View Item View Item