Kajian Komparatif Ketelitian Resizing dan Non-Resizing Foto Udara Terhadap Hasil Orthomosaic di Kawasan Sungai Lalan Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin

Seprianita, Mustika (2024) Kajian Komparatif Ketelitian Resizing dan Non-Resizing Foto Udara Terhadap Hasil Orthomosaic di Kawasan Sungai Lalan Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUSTIKA_SEPRIANITIA_20331065_1834_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil foto udara yang dilakukan resize terlebih dahulu dengan menggunakan perangkat lunak FastStone Photo Resizer. Tujuan kedua yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil foto udara yang langsung diolah (Non-Resize). Selanjutnya tujuan terakhir adalah untuk membandingkan hasil antara foto udara yang telah melalui tahapan resizer dan foto udara non-resizer. Pada penilitian ini, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dengan tahapan yang dilakukan yaitu Pre-Proseccing yaitu pembuatan fila KMZ Kawasan yang akan diteliti dan dilanjutkan dengan pengambilan foto udadra, tahapan processing yaitu pengolahan foto udara yang dilakukan resize dan non-resize, dan selanjutnya yaitu Analisa perbandingan kedua proses tersebut. Penerbangan dilakukan dengan pesawat tanpa awak (drone) dengan cakupan wilayah yang telah ditentukan. Selanjutnya hasil pemotretan diresize terlebih dahulu dan kemudian diolah menjadi orthomosaic. Hasil penelitian ini terdapat 2 (dua) orthomosaic yang telah diproses melalui tahapan resize dan orthomosaic yang diolah secara langsung. Berdasarkan perbandingan hasil orthomosaic antarafoto udara yang sebelumnya dilakukan resize dan yang tidak dilakukan resize, dimana foto udara yang sudah diresize memiliki kenampakan objek yang lebih jelas pada skala 1:100, citra terlihat lebih tajam, dan kerapatan vegetasi lebih terlihat jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
CorrectorAngraina, DillaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KAJIAN KOMPARATIF KETELITIAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:56
Last Modified: 05 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53187

Actions (login required)

View Item View Item