Husni, Muhammad Azwar
(2021)
Analisis Kemampuan
Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Berdasarkan Level
Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Dinamika Atmosfer di
SMA Muhammadiyah 3 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
menjawab soal ujian berdasarkan level taksonomi bloom revisi pada materi
Dinamika Atmosfer. Materi ini dipilih karena memiliki ruang lingkup yang
luas.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS SMA
Muhammadiyah 3 Padang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X
IPS Muhammadiyah 3 Padang yang berjumlah 9 siswa. Teknik
pengambilan sampel penelitian ini dengan total sampling. Tes hasil belajar
yang di jadikan alat pengumpulan data telah di lakukan uji validitas dengan
melibatkan 35 siswa dengan mengujikan 50 soal dan didapatkan 35 soal yang
valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kemampuan siswa menjawab
soal level mengingat C1 sebesar 55,55% termasuk kategori kemampuan
sedang, 2) kemampuan siswa menjawab soal level memahami C2 sebesar
35,52% termasuk kategori kemampuan rendah , level menerapkan C3
sebesar 34,72%, termasuk kategori kemampuan rendah, 3) kemampuan
siswa menjawab soal level menganalisis (C4) sebesar 39,80%, termasuk
kategori kemampuan rendah, dan level mengevaluasi (C5) sebesar 22,22%,
termasuk dalam kategori kemampuan sangat rendah. Dilihat dari hasil
penelitian ini terlihat bahwa 20% kemampuan siswa berada pada
kemampuan sedang, 60% kemampuan siswa berada pada kemampuan
rendah, dan 20% kemampuan siswa berada pada kemampuan sangat
rendah.
Actions (login required)
|
View Item |