Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Berdasarkan Level Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Dinamika Atmosfer di SMA Muhammadiyah 3 Padang

Husni, Muhammad Azwar (2021) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Berdasarkan Level Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Dinamika Atmosfer di SMA Muhammadiyah 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Muhammad_Azwar_Husni_17045016_11_2021 pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab soal ujian berdasarkan level taksonomi bloom revisi pada materi Dinamika Atmosfer. Materi ini dipilih karena memiliki ruang lingkup yang luas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 3 Padang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS Muhammadiyah 3 Padang yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan total sampling. Tes hasil belajar yang di jadikan alat pengumpulan data telah di lakukan uji validitas dengan melibatkan 35 siswa dengan mengujikan 50 soal dan didapatkan 35 soal yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kemampuan siswa menjawab soal level mengingat C1 sebesar 55,55% termasuk kategori kemampuan sedang, 2) kemampuan siswa menjawab soal level memahami C2 sebesar 35,52% termasuk kategori kemampuan rendah , level menerapkan C3 sebesar 34,72%, termasuk kategori kemampuan rendah, 3) kemampuan siswa menjawab soal level menganalisis (C4) sebesar 39,80%, termasuk kategori kemampuan rendah, dan level mengevaluasi (C5) sebesar 22,22%, termasuk dalam kategori kemampuan sangat rendah. Dilihat dari hasil penelitian ini terlihat bahwa 20% kemampuan siswa berada pada kemampuan sedang, 60% kemampuan siswa berada pada kemampuan rendah, dan 20% kemampuan siswa berada pada kemampuan sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:10
Last Modified: 05 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53176

Actions (login required)

View Item View Item