Pemanfaatan Foto Udara Untuk Pemetaan Bidang Tanah Dalam Rangka Percepatan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang

Berlianton, Clarisa (2024) Pemanfaatan Foto Udara Untuk Pemetaan Bidang Tanah Dalam Rangka Percepatan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_CLARISA_BERLIANTON_20331024_1849_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 dan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dalam rangka pemetaan bidang tanah, diperlukan adanya data subyek dan obyek bidang tanah sehingga terbangun Peta Bidang Tanah (PBT). Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk pengumpulan data, wawancara dengan masyarakat setempat atau pemetaan parsitipatif, melakukan digitasi peta dengan AutoCAD, menghitung luas suatu bidang, melakukan program ini sebagai tahap akhir dalam pemetaan peta bidang tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan foto udara untuk pemetaan bidang tanah dalam rangka percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Pada akhirnya pemetaan ini akan menghasilkan keluaran berbentuk Peta Bidang Tanah (PBT). Peta bidang tanah adalah hasil pemetaan bidang tanah pada lembaran kertas dengan suatu skala tertentu yang batas-batasnya telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang dan digunakan untuk pengumuman data fisik dan data informasi tersebut berisi informasi mengenai status kepemilikan tanah, nomor induk bidang dan lainnya. Bidang tanah yang terselesaikan di Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang totalnya yaitu 75 bidang tanah yang kategori nya termasuk ke dalam bidang tanah yang belum bersetifikat dan sudah masuk kedalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraina, DillaUNSPECIFIED
CorrectorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
CorrectorPurnamasari, EvaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN FOTO UDARA UNTUK PEMETAAN BIDANG TANAH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:09
Last Modified: 05 Aug 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53171

Actions (login required)

View Item View Item