Implementasi Program Pendikar Takesi Sebagai Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Siswa SMAN 4 Padang

Kencana, Difha (2024) Implementasi Program Pendikar Takesi Sebagai Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Siswa SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_DIFHA_KENCANA_19058096_2450_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pendikar takesi sebagai upaya penanaman karakter peduli sosial kepada siswa di SMAN 4 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial dilakukan melalui; 1.Kegiatan rutin merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara konsisten dan terus menerus program rutin sekolah terdiri dari kegiatan harian dan mingguan. Kegiatan rutin harian yang dilakukan yaitu pembiasaan 3 S (Senyum, salam, dan sapa) dimana anak-anak akan melakukan ketika berada digerbang sekolah pada pagi hari saat masuk sekolah, dan saling menyapa dan mengucapkan salam kepada teman dan guru maupun karyawan ketika bertemu. 2. Kegiatan spontan yang dilakukan yaitu ketika terdapat musibah yang menimpa teman maka akan ada siswa yang berkeliling untuk mendapatkan sumbangan dan antusias dari siswa sangat tinggi. Selain itu guru juga menanamkan pendidikan karakter peduli sosial dengan memberikan contoh nyata kepada siswa yaitu menegur siswa yang bersikap acuh tak acuh dan tidak peduli dengan temannya. Guru memberikan teguran pada siswa yang ramai sendiri dan tidak menghargai teman yang menyatakan pendapatnya di kelas. 3. Guru memberikan teladan secara langsung yang selanjutnya akan dicontoh oleh siswa. Guru memberikan teguran langsung, memberi contoh bagaimana cara bersikap yang baik, ikut menyisihkan sebagian uangnnya ketika ada infaq dan guru juga membantu kesusahan yang dialami oleh siswa misalkan ada seorang siswa yang kehilangan buku paket seorang guru akan langsung ikut membantu mencari bersama siswa lain. 4. pengembangan budaya sekolah dilaksanakan dengan kegiatan sekolah sesuai dengan indikator karakter peduli sosial yaitu kegiatan rutin pendikar takesi di setiap hari jumat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
CorrectorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIKAR TAKESI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:38
Last Modified: 02 Aug 2024 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53166

Actions (login required)

View Item View Item