Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Tipe Lu lu Cina Buta Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau

Erdeannda, Ilhan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Tipe Lu lu Cina Buta Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ILHAN_ERDEANNDA_20045012_2841_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan dalam memberikan kontribusi signifikan untuk memahami pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) tipe Lu lu Cina Buta dengan prinsip PAK-21 (Pembelajaran Ke-21) terhadap hasil belajar siswa dalam konteks pelajaran geografi. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan tipe kuantitatif dengan desain Quasi Experiment By Giving Posttest Only Control Group Design By Using Two Groups. Metode ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak positif dari penerapan model pembelajaran ini. Penggunaan post-test only control group design dengan dua kelompok, eksperimen (X1) dan kontrol (X2), memberikan basis yang solid untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran. Tes diberikan dengan soal uraian dan isian singkat berdasarkan topik yang dibahas. Nantinya akan diamati perolehan dari skor pre-test yang didapatkan kedua kelas melalui formulasi analisis hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan SPSS 22.0 for Windows dengan uji-t (Independent Sample T-test). Hasil rata-rata post-test pada percobaan kedua di pertemuan keempat menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi (83,44) dikomparasikan pada kelas kontrol (72,62) memberikan indikasi bahwa model pembelajaran TGT dapat menaikkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran geografi. Selisih nilai rata-rata senilai 10,82 memberikan gambaran tentang keunggulan signifikan dari penggunaan model pembelajaran TGT dalam konteks pembelajaran geografi. Analisis data kemudian menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran TGT memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMAN Negeri 1 Rangsang Barat. Temuan ini dapat menjadi landasan untuk merekomendasikan penggunaan model pembelajaran TGT tipe Lu lu Cina Buta (LlCB) dengan prinsip PAK-21 (Pembelajaran Ke-21) dalam pembelajaran geografi di berbagai sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, LailaturUNSPECIFIED
CorrectorSri, MariyaUNSPECIFIED
CorrectorErmawati, ErmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:13
Last Modified: 02 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53157

Actions (login required)

View Item View Item