Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Kimia pada Materi Kimia Hijau dan Pemanasan Global Kurikulum Merdeka Fase E SMA/MA

Imaltin, Suciana (2024) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Kimia pada Materi Kimia Hijau dan Pemanasan Global Kurikulum Merdeka Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SUCIANA_IMALTIN_19035114_3677.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Faktor yang menyebabkan rendahnya literasi sains peserta didik yaitu peserta didik mengabaikan pentingnya kemampuan membaca/ literasi sebagai kompetensi yang wajib dimiliki peserta didik, serta soal yang diberikan ke peserta didik belum memuat literasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan validitas dan reliabilitas instrumen tes berbasis literasi kimia pada materi kimia hijau dan pemanasan global Fase E SMA/MA serta memiliki daya beda dan tingkat kesukaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Rasch Model yang mengacu pada 10 langkah tahap pengembangan instrumen oleh Xiufeng Liu. Instrumen tes literasi kimia yang dikembangkan terdiri dari 18 butir soal esai yang terbagi menjadi tujuh wacana. Analisis validitas isi oleh validator menggunakan model Rasch dengan aplikasi Facet dikategorikan valid dengan nilai exact agreement yang diperoleh 43,6 % dan nilai expected agreement sebesar 44,3%. Hasil dari kualitas butir secara empiris kepada peserta didik menggunakan software ministep telah memenuhi kriteria MNSQ, ZSTD, dan Pt-Mean corr. Analisis reliabilitas didapatkan bahwa nilai reliabilitas item butir soal adalah 0,94 yang termasuk kategori istimewa. Pada analisis indeks kesukaran terdapat variasi soal yang sangat mudah, mudah, sedang, sulit, dan sangat sulit serta daya beda soal memiliki lima daya beda soal yang dinilai sudah sesuai dan bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, YusmaitaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Corrector'Aini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Kimia Pemanasan Global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:17
Last Modified: 01 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53146

Actions (login required)

View Item View Item