Pengembangan Audiobook untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Teknologi Pembelajaran

Fikrian, Gozul (2024) Pengembangan Audiobook untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Teknologi Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_GOZUL_FIKRIAN_19004053_1819_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan audiobook untuk mata kuliah Dasar Dasar Teknologi Pendidikan dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat baca mahasiswa dan kurangnya referensi belajar untuk mahasiswa dengan gaya belajar auditori. Dalam konteks ini, audiobook muncul sebagai solusi inovatif. Audiobook membuat mahasiswa bisa mendengarkan buku dalam bentuk audio, sesuai dengan referensi belajar bagi mahasiswa yang memiliki gaya belajar jenis auditori. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan audiobook yang valid (sah), praktis, dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode pengembangan (Research & Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data melibatkan lembar validasi, angket respons peserta didik, dan t-test guna membandingkan kelas eksperimen dengan kontrol. Dua ahli media dan satu ahli materi bertanggung jawab untuk menguji validitas produk. Praktikalitas diuji terhadap mahasiswa kelas dasar-dasar teknologi pembelajaran, dan nilai eksperimen-kontrol digunakan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan audiobook. Penilaian dari validator media dan materi menunjukkan bahwa validitas materi mencapai skor 3,9, yang dapat diklasifikasikan sebagai valid. Secara khusus, pada aspek media, ahli media 1 dan ahli media 2 memberikan skor masing-masing sebesar 3,39, yang juga dikategorikan sebagai valid. Setelah media dianggap valid dan layak, audiobook diuji pada 21 peserta didik kelas Dasar-Dasar Teknologi Pembelajaran, dengan skor praktikalitas sebesar 3,30 yang berada dalam kategori praktis. Uji efektivitas menunjukkan nilai Sig. p sebesar 0,0007 < 0,05, menegaskan bahwa penggunaan audiobook dianggap berhasil karena terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian belajar siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa audiobook yang telah dikembangkan dapat dianggap valid, praktis, dan efektif dalam mendukung proses pembelajaran pada mata kuliah Dasar-Dasar Teknologi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:12
Last Modified: 30 Jul 2024 05:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53116

Actions (login required)

View Item View Item