Penguatan Kepemimpinan Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Kemasyarakatan (Studi pada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Barat)

Gustiladipa, Welda (2024) Penguatan Kepemimpinan Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Kemasyarakatan (Studi pada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WELDA_GUSTILADIPA_18052027_3978_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penguatan kepemimpinan Nahdlatul Ulama sebagai organisasi kemasyarakatan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh kepemimpinan Nahdlatul Ulama sebagai organisasi kemasyarakatan, dan mengidentifikasi eksistensi PWNU Sumatera Barat dalam memperkuat organisasi kemasyarakatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi data yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik dan teknik analisis data yang penulis gunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan dan melakukan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah 1. Penguatan kepemimpinan PWNU Sumatera Barat sebagai organisasi kemasyarakatan yaitu a. kepemimpinan PWNU Sumatera Barat dalam memajukan Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat, b. kepemimpinan PWNU Sumatera Barat dalam memajukan sektor pertanian, c. kepemimpinan PWNU Sumatera Barat dalam memberikan bantuan hukum kepada kaum tertindas. 2. Kendala yang dihadapi oleh kepemimpinan Nahdlatul Ulama Sumatera Barat sebagai organisasi kemasyarakatan, yaitu a. kepetingan politik yang tinggi dimana para kader di tubuh NU saling berebut mendapatkan rekomendasi untuk ikut kontestasi politik, b. jumlah kader baru mengalami penurunan setiap tahunnya hal ini dimulai sejak tahun 2019 hingga saat sekarang ini, dan 3. Eksistensi PWNU Sumatera Barat dalam memperkuat organisasi kemasyarakatan, yaitu a. kembali menegakkan prinsip dasar As-Shidqu (Jujur), b. kader NU Harus Memiliki Prinsip Al-Amanah (Dapat Dipercaya), c. kader NU harus memiliki sifat p Al-'Adalah (Adil), d. kader NU harus menumbuhkan At-Ta'awun (Gotong Royong) dan e. kader NU Harus Istiqamah (Konsisten) dalam Berjuang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl Rafni, Al RafniUNSPECIFIED
CorrectorSuryanef, SuryanefUNSPECIFIED
CorrectorNurman S, Nurman SUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN NAHDLATUL ULAMA, ORGANISASI KEMASYARAKATAN
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:12
Last Modified: 30 Jul 2024 05:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53115

Actions (login required)

View Item View Item