Fadhillah, Farah
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi Melalui Permainan Monopoli pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)di SLB N 1 Ampek Angkek.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Ampek Angkek. Hasil permasalahan yang ditemukan adalah adanya seorang anak yang teridentifikasi anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang tidak dapat mengontrol emosinya yaitu emosi marah yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah emosi marah yang berlebihan pada anak anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder ( ADHD ) dapat berkurang dengan memberikan metode permainan monopoli.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A1-B-A2. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan emosi khususnya emosi marah yang berlebihan pada subjek.berdasarkan data yang diperoleh, mengontrol emosi pada anak anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) tidak dapat berkurang dengan metode permainan monopoli. Didukung dengan overlap yang tinggi. Pada hasil analisis antar kondisi baseline-I dengan intervensi persentase overlap sebesar 28% dan meningkat pada analisis anar kondisi intervensi dengan baseline-II yaitu %. Secara keseluruhan mengontrol emosi pada anak anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB N 1 Ampek Angkek tidak dapat berkuranh dengan metode permainan monopoli.
Actions (login required)
|
View Item |