Putri, Indah Karina
(2023)
Keterkaitan Antara Hubungan Sosial di Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di
SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Keterkaitan hubungan
sosial antara siswa dengan siswa di lingkungan sekolah dengan hasil belajar
geografi pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam
(2) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan guru di lingkungan sekolah
dengan hasil belajar geografi pada kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek
Kabupaten Agam (3) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan siswa atau
siswa dengan guru di lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi pada siswa
kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam.
Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam dengan
penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan
data diperoleh dari data hasil pengumpulan angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data berupa teknik analisis korelasi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Keterkaitan hubungan sosial
antara siswa dengan siswa dengan hasil belajar geografi di SMAN 1 Ampek
Angkek Kabupaten Agam terdapat hubungan yang posistif dengan kategori sangat
lemah sebesar 0,044369469 (2) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan
guru di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam dengan hubungan yang positif
dengan kategori sangat lemah sebesar 0,022289085 (3) Keterkaitan hubungan
sosial siswa dengan hasil belajar geografi di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten
Agam terdapat hubungan yang positif dengan kategori lemah sebesar 0,02978263.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan sosial yang terjadi di
lingkungan sekolah bukan menjadi faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar
siswa.
Actions (login required)
|
View Item |