Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Gunung Talang

Azizah, Rahmi (2024) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RAHMI_AZIZAH_19029104_3827.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di sekolah masih rendah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan RME dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan Pendekatan RME lebih baik dibanding yang belajar dengan Pendekatan Konvensional di kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment (eksperimen semu) dan rancangan yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini, yaitu peserta didik kelas VIII di SMP 1 Gunung Talang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelompok eksperimen dan VIII-2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa essay. Pengujian hipotesis pada penelitian ini, menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah, sedangkan untuk indikator menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil mengalami penurunan dan peningkatan di setiap pertemuannya denga diterapkan Pendekatan RME. Berdasarkan analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh P-value =0,00 dengan taraf nyata (, karena P-value < sehingga tolak H0. Kesimpulan yang didapatkan adalah peserta didik yang belajar dengan Pendekatan RME lebih baik dibanding yang belajar dengan Pendekatan Konvensional di kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwnUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:44
Last Modified: 29 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53094

Actions (login required)

View Item View Item