Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Construct 2 pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP

Hanifah, Dina (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Construct 2 pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DINA_HANIFAH_19004008_1761_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik karena permasalahan pembelajaran yaitu masih rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti Mata Pelajaran Informatika, kurangnya motivasi dan antusias siswa dalam mengikuti Mata Pelajaran Informatika, sehingga siswa kurang memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran, dan kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran oleh guru ketika menerangkan pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan multimedia interaktif untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik. Multimedia Interaktif pada mata pelajara Informatika di SMP Negeri 25 Kota Padang merupakan suatu upaya baru dalam mengkreasikan sumber belajar yang dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik. Dengan adanya multimedia interaktif ini peserta didik dapat belajar secara mandiri dirumah maupun disekolah. Penelitian pengembangan multimedia interaktif bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang berkualitas yang telah melalui uji kelayakan produk berdasarkan penilaian dari validator materi, validator media dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yang pertama define (pendefenisian) ,yang kedua design (desain), yang ketiga development (pengembangan) dan yang keempat disseminate (penyebaran). Uji validator media dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan satu orang validator ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik SMP Negeri 25 Kota Padang sebanyak 30 orang siswa kelas VII untuk menguji kepraktisan produk multimedia interaktif yang dirancang menggunakan aplikasi Construct 2. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 96% untuk materi dengan kategori sangat layak. Aspek media yang diuji oleh 2 validator, validator satu 97,7% dengan kualifikasi “Sangat Layak” dan oleh validator dua 98,8% dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Hasil respon siswa mendapat tingkat kepraktisan 94% dengan kualifikasi “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif telah siap dikembangkan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dikelas maupun proses pembelajaran secara mandiri pada mata pelajaran Informatika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorAmsal, Mutiara FelicitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:57
Last Modified: 26 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53070

Actions (login required)

View Item View Item