Kelayakan Sediaan Masker Gel Peel Off Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Kombinasi Mentimun (Cucumis Sativus L.) untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat.

Ummah, Adisty Akhoma (2024) Kelayakan Sediaan Masker Gel Peel Off Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Kombinasi Mentimun (Cucumis Sativus L.) untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_2_ADISTY_AKHUMA_UMMAH_19078088_612_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecantikan bagi wanita merupakan hal yang sangat penting, sehingga seorang wanita selalu memperhatikan kecantikannya.Bagian kulit yang perlu mendapat perhatian dan perawatan agar tidak terserang penyakit adalah kulit wajah.Salah satu bahan aktif alami yang dapat digunakan untuk pembuatan masker adalah daun kelor karena memiliki manfaat untuk menghambat aktivitas pertumbuhan bakteri. Daun kelor mengandung senyawa flavonoid, alkaloid dan fenolyang bermanfaat untuk merawat jerawat.untuk melakukan pembaharuan tentang pembuatan kosmetik masker gel peel off penambahan bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk kulit berjerawat yaitu mentimun. Mentimun mengandung senyawa flavonoid yang bagus karena bekerja sebagai antibakteri dengan menghambat fungsi kerja membran sitoplasma dari bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan masker gel peel off ekstrak daun kelor kombinasi mentimun di tinjau dari uji laboratorium, uji organoleptic dan uji hedonic. Metode penelitianini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunkan variabel bebas (x) dan variabel terikat (y) serta jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan sumber data yang digunkan yaitu observasi, dokumentasi dan kuesioner. Untuk penilian uji organoleptik dan uji hedonik masker gel peel off membutuhkan 7 orang panelis yaitu 2 orang Dosen Tata Rias dan Kecantikan, 1 oran Analis Farmasi, 1 orang Terapis Salon, 1 orang Terapis Klinik Kecantikan dan 2 Mahasiswa Farmasi. Berdasarkan hasil uji laboratorium. kadar vitamin c masker gel pell off ekstrak daun kelor kombinasi mentimun yaitu pada formulasi F1: (1g daun kelor : 0.30g mentimun) 1,280%, formulasi F2 (2g daun kelor : 0.30 g mentimun) 1,724 % dan formulasi F3 (3g daun kelor : 0.30 mentimun) 1,947%. Hasil uji Skrining fitokimia diketahui ekstrak daun kelor kombinasi mentimun positif mengandung vitamin C, flavonoid, tanin dan saponin. Hasil uji pH (F0=6.5), (F1=6), (F2=5.5), dan (F3=5). Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa semua formulasi masker ini homogen. Hasil uji daya sebar menunjukkan yaitu (F0=6,9cm), (F1=6,0cm), (F2=6,4cm) dan (F3=6,0). Hasiluji waktu mengering masker ini membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Hasil uji daya lekat pada masker gel peel off ekstrak daun kelor kombinasi mentimunyang dilakukan oleh panelis menyatakan semua formulasi lekat. Dan dari semua formulasi, F3 merupakan formulasi yang paling terlihat dari uji Laboratorium, serta dilihat uji organoletik panelis kurang suka terhadap aroma khas ekstrak daun kelor kombianasi mentimun yang beraroma ekstrak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KELAYAKAN EKSTRAK, DAUN KELOR, EKSTRAK MENTIMUN
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:56
Last Modified: 26 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53066

Actions (login required)

View Item View Item