Rahmi, Aulia
(2022)
Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Ketiga, menganalisis adakah korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dengan
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional
dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 271 siswa yang tersebar di delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi.
Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 70,40. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto XI
Tarusan berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 74,59. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA
Negeri 2 Koto XI Tarusan dengan nilai r hitung 0,597 > r tabel 0,279 dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95% H0 ditolak dan H1 diterima karena
thitung (5,42) lebih besar daripada ttabel (1,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks eksplanasi yang artinya hubungan antara kedua
variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahamannya.
Actions (login required)
|
View Item |