Septya, Annisa Dwi
(2022)
Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Dengan Menggunakan Media Pembelajran Mobile Learing di SMAN 1 Sungai Penuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Sungai Penuh dengan menggunakan Media Pembelajaran Mobile Learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Discovery Learning. Objek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2, dengan instrument peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar
aspek pengetahuan dan keterampilan dan observasi. Sedangkan analisis dengan teknik persentase, teknik persentase yang muncul dibagi dari keseluruhan anak yang hadir dikalikan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembeljaran menggunakan mobile learning dalam pembelajaran seni tari membuat siswa lebih aktif bersemangat dan lebih mudah memahami materi di dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuannya, pada siklus I rata-rata persentase 57%, setelah dilakukan pada siklus II meningkat rata-rata persentase 85,7%. Penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar aspek pengetahuan nilai rata-rata siswa adalah 77% mencapai KKM yang telah ditentukan. Dengan kata lain didapatkan bahwa penggunaan media pembelajaran mobile learnung dalam pembelajaran seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |