Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Media Bangun Ruang Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP

Ananda, Bella (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Media Bangun Ruang Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_BELLA_ANANDA_18004115_2930_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dilakukan sebagai upaya mengurangi masalah belajar, diketahui siswa kurang minat belajar Matematika dan menganggap Matematika sukar terlebih materi yang terdapat volume dan sisi didalamnya. Siswa sulit menvisualisasikan obyek tanpa bantuan. Oleh karena itu butuh media pembelajaran berbasis Augmented Reality, yang diharapkan dapat membantu mengurangi kendala belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang valid dan praktis sesuai kriteria kelayakan materi dan media pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D), terdapat aspek pengembangan produk, validitas dan praktikalitas produk. Model pengembangan media yang digunakan adalah ADDIE. Adapun prosedur pengembangan produk pada terdiri dari (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan produk, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Analisis meliputi kebutuhan siswa, kondisi eksternal, tujuan pembelajaran dan kurikulum. Tahap perancangan menyusun bahan ajar, Flowchart dan Storyboard. Tahap pengembangan produk dengan menggabungkan elemen media kedalam aplikasi. Selanjutnya implementasi dilakukan pada siswa kelas VIII SMP. Evaluasi sebagai nilai kepraktisan produk pembelajaran. Produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat valid”, dari segi materi maupun media yang telah dinilai oleh ahli materi dan ahli media. berdasarkan uji coba produk, didapatkan hasil dengan kategori “Sangat praktis”. Simpulan yang didapat yaitu media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk pengenalan materi bangun ruang pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP sangat valid digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:34
Last Modified: 26 Jul 2024 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53055

Actions (login required)

View Item View Item