Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang

Fahza, Amelia (2022) Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AMELIA_FAHZA_18016054_2786.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan struktur teks berita karya siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen unjuk kerja berupa konteks menulis teks berita. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pancing. Teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pertama, mengidentifikasi data sesuai dengan konsep atau teori struktur dan unsur kebahasaan. Kedua, mengidentifikasi data berdasarkan teori yang menjadi acuan. Ketiga, menganalisis data dengan cara mencatat kalimat-kalimat yang berhubungan dengan unsur kebahasaan teks berita. Keempat, menginterpretasikan data yang sudah dianalisis. Kelima, menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Dari 40 teks berita yang dianalisis tersebut ditemukan 15 teks berita memiliki struktur judul berita yang tepat, 27 teks berita memiliki struktur teras berita yang tepat, 36 teks berita memiliki struktur tubuh berita yang tepat, dan 40 teks berita memiliki struktur penutup yang tepat. Dari data yang dianalisis ada 36 teks berita yang memiliki struktur yang tepat dan 4 lainnya memiliki struktur teks yang tidak tepat. dari 40 data teks berita yang telah dianalisis, ditemukan 10 siswa yang tidak menggunakan bahasa baku, 34 siswa yang tidak menggunakan kalimat langsung, 35 siswa yang tidak menggunakan konjungsi bahwa, 40 siswa yang tidak menggunakan kata kerja mental, 7 siswa yang menggunakan keterangan waktu dan tempat secara tidak tepat, dan 14 siswa yang tidak menggunakan konjungsi temporal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pertama, dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang belum menggunakan struktur yang tepat. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyak siswa yang mengandung unsur 5W+1H pada struktur yang ditulis dan siswa menggabungkan dua struktur menjadi satu paragraf. Pada struktur judul berita sudah sesuai dengan konteks yang diberikan namun secara umum belum menggambarkan isi berita. Pada struktur teras dan tubuh berita masih banyak yang belum tepat. Pada penggunaan penutup berita secara umum sudah ditulis dengan tepat. Kedua, jika dilihat dari aspek kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang masih banyak ditemukan kesalahan. Pada bab sebelumnya telah dibahas bahwa terdapat enam ciri kebahasaan teks berita. Pada penggunaan bahasa baku masih banyak kesalahan, pada penggunaan kalimat langsung dan konjungsi bahwa, banyak siswa yang tidak menggunakannya. Pada penggunaan kata kerja mental, tidak ada satupun siswa menggunakannya. Selanjutnya, pada keterangan waktu dan tempat, serta konjungsi temporal secara umum sudah tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafrison, MohamadUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebahasaan, Teks Berita
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:33
Last Modified: 25 Jul 2024 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53027

Actions (login required)

View Item View Item