Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 2 Di Kelas V SD Negeri 01 Situjuah Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota

Diniyyah, Dian (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 2 Di Kelas V SD Negeri 01 Situjuah Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DIAN_DINIYYAH_18129239_3738.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, peserta didik kurang aktif dalam belajar, guru kurang menerapkan model-model inovatif yang berbasis kelompok dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 01 Situjuah Gadang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 23 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model problem based learning. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan nontes. Hasil penelitian siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 87,5% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 85,71% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB). (3) Penilaian Rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah 83,92% dengan kualifikasi baik (B). Siklus II meningkat menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB). (4) Penilaian rata- rata pengetahuan siklus I adalah 73,7 dengan kualifikasi cukup (C). Siklus II meningkat menjadi 86,08 dengan kualifikasi baik (B). (5) Penilaian rata-rata keterampilan siklus I adalah 80,2 dengan kualifikasi baik (B). Siklus II meningkat menjadi 88,13 dengan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:49
Last Modified: 25 Jul 2024 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53026

Actions (login required)

View Item View Item