Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Blended Learning (Model BROSING) dalam Menulis Artikel Ilmiah.

Oktavia, Yunisa (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Blended Learning (Model BROSING) dalam Menulis Artikel Ilmiah. Doctoral thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_02_YUNISA_OKTAVIA_19326006_3885_2024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan selama proses pembelajaran menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan dan menghasilkan model pembelajaran menulis artikel ilmiah dan untuk menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas model pembelajaran menulis artikel ilmiah berbasis blended learning terintegrasi creative problem solving (Model BROSING). Subjek uji coba penelitian adalah mahasiswa program studi Administrasi Negara Universitas Putera Batam. Penelitian ini menghasilkan Model BROSING yang terdiri atas Baca referensi (B), Review referensi (R), Observasi (O), Studi kasus (S), Informasi dan ide Kreatif (I), Naskah artikel ilmiah (N), dan Giatkan publikasi artikel ilmiah (G). Metode penelitian menggunakan model Plomp dengan melakukan tiga tahapan sebagai berikut. Pertama, tahap pendahuluan (preliminary research). Langkah langkah pengembangan pada tahap pendahuluan, yaitu (a) mengumpulkan informasi dan fenomena di lapangan, (b) mengidentifikasi permasalahan, (c) mereduksi dan menyeleksi data penelitian sehingga dirumuskan pada rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kedua, prototype (prototyping stage). Ketiga, fase penilaian (assesment phase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validitas pada buku model, buku dosen, dan buku mahasiswa dinyatakan sangat valid, (2) hasil uji validitas pada buku model, buku dosen, dan buku mahasiswa dinyatakan sangat praktis, dan (3) hasil uji efektivitas dilakukan uji statistik skor hasil tes menulis artikel ilmiah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan !! diterima karena #"#$ > #$%&'(. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat tes. Dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan Model BROSING memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk memahami materi menulis artikel ilmiah. Selanjutnya, model BROSING yang diperoleh menunjukkan hasil yang valid, praktis, dan efektif sehingga memperoleh nilai kebaruan dalam penelitian yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKrismadinata, KrismadinataUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorZaim M., Zaim M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, BLENDED LEARNING, MENULIS ARTIKEL ILMIAH
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:33
Last Modified: 25 Jul 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53025

Actions (login required)

View Item View Item