Bentuk Penyajian Tari Gambyong dalam Pertunjukan Wayang Kulit pada Pesta Perkawinan di Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.

Rahayu, Puja (2024) Bentuk Penyajian Tari Gambyong dalam Pertunjukan Wayang Kulit pada Pesta Perkawinan di Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_6_PUJA_RAHAYU_9023145_3823_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan bentuk penyajian Tari Gambyong dalam pertunjukan wayang kulit pada pesta perkawinan di Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pendukung seperti alat tulis dan kamera. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyajian Tari Gambyong di Desa Baru dikolaborasikan dengan pertunjukan wayang kulit yang menceritakan tentang pernikahan Arjuna dengan Dewi Borosumbroto. Tari Gambyong dibawakan oleh penari perempuan sebanyak 4 orang penari 1 orang dalang. Gerak dari tari Gambyong ini adalah gerak Sekaran Rorok Asem, gerak Trap Jamang, gerak Sekaran Kawilan, Gerak Egol, gerak Sekaran Kesetan Sampir Sampur dan gerak Mentangan Seblak Sampur. Pola lantai Tari Gambyong adalah pola lantai garis lurus dan pola lantai garis lengkung. Musik iringan Tari Gambyong adalah gong, gendang, gamelang dan telempong dengan properti menggunakan selendang. Rias yang digunakan adalah rias cantik. Kostum menggunakan kebaya berwarna merah muda. Sampur menggunakan sampur berwarna biru dongker. Tari Gambyong ditampilkan di area pesta perkawinan, yaitu di halaman rumah yang mengadakan acara pesta perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TARI GAMBYONG, WAYANG KULIT, PESTA PERKAWINAN
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:33
Last Modified: 24 Jul 2024 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53013

Actions (login required)

View Item View Item