Representasi dan Interpretasi Makna Visual dalam Iklan Marjan Edisi Ramadan 1444 H: Analisis Semiotika Roland Barthes.

Kurniawan, Genta (2024) Representasi dan Interpretasi Makna Visual dalam Iklan Marjan Edisi Ramadan 1444 H: Analisis Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_9_GENTA_KURNIAWAN_19027054_3869_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menginterpretasi tanda-tanda visual dalam iklan Sirup Marjan Edisi Ramadhan 1444H menggunakan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes guna memahami pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen. Meskipun survei dilakukan terhadap 11 mahasiswa desain komunikasi visual, hanya 5 di antaranya yang memahami dengan baik, sementara sisanya mengalami kesulitan dalam memahami, memilih, dan menafsirkan gambar, simbol, atau tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan semiotika Roland Barthes, yang memungkinkan pengamatan terhadap tiga tingkatan makna (denotatif, konotatif, dan mitos) pada beberapa scene, tanda visual, simbol, warna, dan komposisi yang terdapat dalam iklan Sirup Marjan Edisi Ramadhan 1444H. Hasil penelitian menunjukkan adanya identifikasi 8 tanda visual dalam 9 adegan. Dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, ditemukan bahwa pesan disampaikan melalui 21 tanda visual yang dapat dimaknai secara denotasi, konotasi, dan mitos. Iklan Sirup Marjan Edisi Ramadhan 1444H berhasil menyampaikan pesan moral yang kuat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui simbolisme visual dan narasi yang dramatis, memperkuat nilai-nilai kerja sama dan gotong royong dalam budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJupriani, JuprianiUNSPECIFIED
CorrectorHeldi, HeldiUNSPECIFIED
CorrectorPebriveni, ElivaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI, INTERPRETASI,IKLAN, SEMIOTIKA
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:53
Last Modified: 24 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53001

Actions (login required)

View Item View Item